Jumat, 13 Juli 2012

Bangkok


 Kota dengan seribu Pagoda

Menggambarkan Bangkok mungkin memang terasa pas dengan seribu Pagodanya di Bangkok kita bisa melihat banyak hal menarik selain banyaknya pagoda itu sendiri.  untuk sampai ke Bangkok lebih efisien  melalui jalur udara (naik pesawat terbang) selain bisa juga lewat jalur darat melaui Singapura, Malaysia dengan menggunakan bus, bagi yang ingin Backpacker-an hal ini tentu sangat menarik, untuk  pembelian tiket pesawat itu sendiri harus pintar mencari supaya dapet harga yang pas (itu jika memang ingin berpergian dengan low budget). Banyak tiket pesawat ke Bangkok langsung dari Jakarta, bisa menggunakan Air Asia, Garuda Indonesia, Thai Airlines dan masih panjang tentunya daftar ini, kami memtuskan untuk menggunakan jasa  pesawat Air Asia dengan jadwal keberangkatan sore hari tanggal 15 Mei 2011.

DI DALAM PESAWAT
           
Dengan memutuskan menggunakan  Air asia, lama perjalanan di tempuh selama 4 jam 15 menit, selama di dalam pesawat tentu tidak banyak yang dapat dilakukan mau ngapain lagi ya paling enak  tinggal duduk dan memejamkan mata paling yang bisa dilakukan, dan kalau mau sedikit gerak ya dengan bolak-balik jalan ke kamar mandi itu juga kalo siap diliatiin pramugari dan penumpang lainnya, karena pada dasarnya Air asia adalah pesawat Low budget jadi tidak disediakan fasilitas hiburan seperti layaknya di pesawat “Bintang lima”  kita sendiri yang harus “pandai-pandai”  menghibur diri, salah satu caranya mungkin dengan mendengarkan ipod atau bawa PS portable (ini boleh dilakukan juga setelah take off sampai sebelum landing) kalau gak ya tidur sampai pesawat mendarat.


TRANSPORTASI 

Pesawat mendarat udah jam 7 malam, jadi pas sampai Bangkok memang sudah gelap dan tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Bangkok, dari bandara Suvarnabhumi yang kalo diartikan berarti “tanah emas” , kita bisa melanjutkan ke tengah kota Bangkok dengan menggunakan Airport rail link (semacam  monorail) yang membawa kita ke pusat kota Bangkok, untuk harganya gw lupa, untuk belinya bisa di loket atau pakai vending machine gitu tinggal masukin duitnya nanti tiketnya otomatis keluar bentuknya kaya kartu. Untuk urusan transportasi Bangkok sudah memperhatikan sekali kenyamanan dan kemudahan akses untuk setiap orang yang datang, selain dalam bahasa thai tulisan dalam bahasa inggris pun disediakan sehingga turis atau orang asing mudah mengerti petunjuk-petunjuk yang ada.


Di kota Bangkok ada dua jenis angkutan massal, ada BTS Sky Train  dan MRT (Mass Rapid Transportation) keduanya saling melengkapi. Untuk urusan transportasi ini kota Bangkok memang sangat baik, di jam-jam sibuk tentu kedua alat transportasi ini memang padat sama seperti halnya Jakarta  pada jam Berangkat dan Pulang kantor.

Untuk yang mau nyaman mungkin bisa menggunakan taksi atau sekalian aja pakai tour and travel untuk jalan-jalan, tapi rasanya kalo ga kepepet banget sayang rasanya pakai jasa tour & travel ini, lebih seru jalan-jalan menggunakan alat transportasi umum bisa ngerasaiin gimana pergerakan, budaya dan kebiasaan masyarakat setempat.

RAMAINYA BANGKOK

Banyak yang dapat dikunjungi di Bangkok, yang terkenal tentu Grand Place selain itu ada sungai Chao Praya sungai yang membelah kota Bangkok dan mal-mal sama halnya kayak di Jakarta tapi jujur masih lebih bagus Mal Jakarta (gede-gede) dan nyaman. Bangkok memang kota yang ramai, karena selain jadi ibukota Negara juga Bangkok banyak dikunjungi turis asing Jakarta menurut gw bisa lebih besar dari itu jika banyak disediakan informasi dan banyak pilihan untuk transportasi massal, dan transportasi massal itu sedang dalam proses dibangun.
Bangkok memang memudahkan transportasi massalnya bagi turis yang datang, untuk sampai di Grand Place kita bisa menggunakan BTS  lalu turun di stasiun Saphan Tahksin pindah dengan menggunakan angkutan massal lainnya yaitu perahu dengan pemandangan indah sungai Chao Praya dan kebetulan waktu kami kesana sedang gerimis jadi menambah kesan indah . Untuk sampai di Grand Place setidaknya ada 6 pemberhentian (Pier) atau semacam stasiun gtu, gw lupa apa namanya tapi tinggal nanya sama petugas di perahunya nanti kita dikasih tau harus turun dimana.

Katanya orang suka susah untuk sampai ke Grand Place, katanya suka banyak yang nipu di deket Grand Place, mereka mengatakan Grand Palace sedang tidak buka,  jam istirahat  atau kalo naik tuk-tuk kita suka dibawa ke toko-toko perhiasan, tapi kalo kita tau caranya dan udah observasi dulu mungkin lebih memudahkan kita untuk sampai kesana.

ISI PERUT

Di Bangkok untuk urusan makan memang sedikit harus pilih-pilih karena bagi yang muslim tentu harus Tanya ada babi apa nggak dalam masakan itu, tapi yang paling aman memang tinggal ke restaurant cepat saji dengan lambang “M” atau “K” itu tinggal minta menu ayam. Tapi kalo mau mencoba makanan yang hal di pinggir-pinggir jlan Kota Bangkok juga banyak, seperti pisang Goreng khas Bangkok (jumbo ukurannya) seperti istilah yang suka di pakai di Jakarta juga Asal ada Bangkoknya pengertiannya menunjukan kalau itu Jumbo (haha) jajan lain yang bisa di jumpai di Bangkok adlah jajan khasnya yaitu gorengan seperti kecoa, jangkrik, dan sebangsanya boleh di coba buat mereka yang sanggup menelannya (wuiihhh). Jajanan yang lainnya hampir sama seperti di Jakarta ada kebab, minuman seperti the dalam botal dan bersoda.

TEMPAT MEMBUAT MIMPI

Untuk bermalam atau tempat menginap, di Bangkok banyak pilihan dari yang bintang Lima hingga Hostel, untuk bintang Lima banyak operator Hotel-hotel ternama ada disini, yang paling enak tentu deket sungai Chao Praya pemandangannya lebih indah selain itu ada ditengah kota Bangkok selain pemandangan kota tentu akses transportasi lebih gampang disini . Untuk yang suka Backpackeran banyak hostel-hostel yang bagus dan bersih untuk kenyaman ada baik di observasi sendiri dengan liat di situs-situs hostelnya. Informasi yang disediakan dalam situs cukup informatif  karena mereka berusaha menyediakan  sebanyak mungkin informasi yang ingin diketahui calon tamu-tamu mereka.

Krap Kun

ขอขอบคุณคุณ : Krap kun (terima kasih)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar